Selasa, 19 November 2013

Sel-Sel Darah

1. Eritrosit
mempunyai bentuk bikonkaf dan tidak berinti. pada pria, jumlahnya lebih kurang 5 juta/mm, sedangkan pada wanita sekitar 4 juta/mm. Eritrosit mengandung hemoglobin ( pemberi warna merah pada darah ) yang berfungsi mengikat O2 dan CO2.

2. Leukosit
terdiri atas AGRANULOSIT dan GRANULOSIT. Agranulosit merupakan sel darah putih yang tidak memiliki granula atau berinti satu. Agranulosit terdiri atas monosit (inti bulat, besar dan bersifat fagositosis, dan bergerak dengan cepat) dan limfosit (berinti satu, tidak dapat bergerak, dan berfungsi untuk imunitas). Granulosit merupakan sel darah putih yang bergranula seperti berinti banyak dan semuanya bersifat fagositosis. Granulosit terdiri atas neutrofil (inti berbentuk batang dan bercabang-cabang), basofil (bintik kebiru-biruan), dan eosinofil (bintik kemerah-merahan). leukosit berbentuk amoeboid, berinti, bulat atau cekung.

3. Trombosit
berfungsi dalam proses pembekuan darah. Trombosit dibuat dalam sumsum tulang belakang (megakariosit).
pada saat kita terluka, trombosit akan pecah dan mengeluarkan enzim trombokinase yang memacu peubahan protrombin menjadi trombin. Terbentuknya trombin memacu perubahan fibrinogen menjadi fibrin (benang-benang penutup luka).
Proses pembekuan darah melibatkan vitamin K dan ion kalsium. Vitamin K membantu proses pembentukan protrombin, sedangkan ion kalsium mempercepat proses pengubahan protrombin menjadi trombin.

Semoga, blog saya ini dapat membantu menyelesaikan apa yang anda inginkan ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar